• Tentang Kami
  • Tim Kami
  • Kontak
  • Kirim Tulisan
Bangga Surabaya
No Result
View All Result
  • Home
  • Balai Kota
  • Layanan Publik
  • Inovasi
  • Wisata Kota
  • Etalase UMKM
  • Magazine
  • Visual
    • Foto
    • Video
    • Infografis
  • Indeks
  • Home
  • Balai Kota
  • Layanan Publik
  • Inovasi
  • Wisata Kota
  • Etalase UMKM
  • Magazine
  • Visual
    • Foto
    • Video
    • Infografis
  • Indeks
No Result
View All Result
Bangga Surabaya
No Result
View All Result
Home Visual Magazine

Gapura Edisi September 2021

Kota Surabaya Pelopor Digital City

Admin by Admin
26 Januari 2022
Reading Time: 2 mins read
Cover Gapura September 2021

Cover Gapura September 2021

FacebookTwitterWhatsapp


Pembaca Gapura yang Terhormat

Inovasi. Itulah kata kunci yang dibangun Pemerintah Kota Surabaya. Cukup banyak inovasi yang untuk memangkas jarak, mempersingkat waktu, dan menekan biaya.

Di era serba digital tuntutan memberikan pelayanan cepat, tepat, dan akurat sudah menjadi kebutuhan. Semuanya bisa dikontrol dalam satu genggaman. Yakni gawai. Juga bisa melalui komputer atau laptop. Pemantauan melalui piranti lunak ini memudahkan pemerintah menuntaskan semua jenis layanan. Bukan sekadar mengontrol atau melihat.

Satu hal. Pemkot Surabaya tidak mau menjadi drone. Melayang, melihat, dan merekam dari atas, kemudian membagikan ke sana ke mari. Jika bateri habis, drone tidak bisa melayang. Layanan dan komunikasi yang dibangun Pemkot Surabaya layaknya kabel jaringan. Jika satu kabel aus atau rusak, maka seluruh sistem tidak berfungsi.

Satu sama lain saling berinteraksi dan saling terhubung. Terciptalah integrasi antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di bidang layanan.

Wali Kota Eri Cahyadi menginstruksikan semua OPD terlibat di dalam layanan digital. Harapannya tidak seperti drone, yang hanya melihat dari atas. Namun mengubah menjadi kabel yang saling terkait dan erat keterlibatannya.

Struktur yang dibangun Pemkot Surabaya sudah bisa dilihat dengan jelas. Namanya layanan berbasis digital. Sejumlah layanan baik berbentuk aplikasi maupun web sudah bisa dinikmati seluruh warga Surabaya. Mau apa saja bisa.

Menyampaikan uneg-uneg, usulan, meminta bantuan sosial, layanan sidang di Pengadilan Agama, sampai berinvestasi, bisa dilakukan melalui dunia maya. Warga bebas menggunakan perangkat. Bisa memakai gawai, komputer, maupun laptop. Pekerjaan itu bisa dilakukan warga saat menyeduh kopi sambil mengenakan sarung. Sebagai layanan digital, tentunya bisa diakses 24 jam. Bahkan warga bisa mengakses sambil nyeduh kopi.

Imbas dari layanan digital ini cukup efektif. Tidak ada lagi surat-menyurat dalam bentuk fisik. Kertas dan bolpoin sudah tidak lagi dominan. Termasuk stempel bisa dilakukan secara digital. Kebocoran bisa direduksi. Biaya tak terduga juga bisa dipangkas.

Hal yang tidak kalah penting adalah implementasi di era pandemi Covid-19 seperti saat ini. Tidak perlu tatap muka untuk menghindari penularan virus corona. Semua bisa dilakukan di depan komputer atau gawai.

Kemudahan dan terobosan digital ini menjadikan Surabaya layak disebut Digital City atau Kota Digital. Inovasi ini bahkan membuat iri kota-kota lain. Sejumlah kepala daerah berduyun-duyun belajar inovasi dari Pemkot Surabaya.

Sampai-sampai para peneliti, dosen, dan mahasiswa tertarik melihat dapur pacu milik Pemkot Surabaya. Bak gawai, spesifikasi yang dimiliki Pemkot Surabaya dalam bidang layanan layaknya flagship. Prosesor dan memori internalnya seri teranyar. Semuanya untuk memanjakan warga Kota Pahlawan agar lebih sejahtera.

Kami persembahkan Majalah Gapura edisi September 2021!

ShareTweetSendShareSend

Related Posts

Cover Majalah Gapura Edisi Desember 2021.
Magazine

Gapura Edisi Desember 2021

26 Januari 2022
Cover Gapura Edisi November 2021
Magazine

Gapura Edisi November 2021

26 Januari 2022
Cover Gapura Oktober 2021.
Magazine

Gapura Edisi Oktober 2021

26 Januari 2022
Magazine

Gapura Edisi Agustus 2021

26 Januari 2022
Cover Gapura Edisi Desember 2019
Magazine

Gapura Edisi Desember 2019

4 Januari 2020
Cover Gapura November 2019
Magazine

Gapura Edisi November 2019

5 Desember 2019

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan


Bangga Terkini

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi berkantor di Balai RW.

Setahun Kepemimpinan Eri Cahyadi-Armuji, Seabrek Pelayanan Publik Diintegrasikan dan Dimaksimalkan di Kelurahan

27 Februari 2022
Pemkot Surabaya bagikan insentif bulanan kepada 2236 hafidz dan hafidzah se-Surabaya, Jumat (25/2/2022).

Wali Kota Eri Cahyadi Beri Insensif 2236 Hafidz dan Hafidzah di Kota Surabaya

27 Februari 2022
Kader Surabaya aktif bakal direkrut menjadi Buser di setiap RT untuk menyelesaikan masalah sosial di Kota Pahlawan.

Wali Kota Eri Cahyadi Jadikan Kader ‘Buser Surabaya Hebat’

27 Februari 2022
Aplikasi e-Peken jadi solusi Toko Kelontong dan UMKM di Surabaya untuk memperluas jangkauan pasar.

Wali Kota Eri Cahyadi Minta Dinkopdag Seragamkan Harga Produk di Peken Surabaya

24 Februari 2022
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menjadi narasumber ‘Leader Talk Airlangga Forum’ di ruang kerjanya Lantai 2, Kantor Balai Kota Surabaya, (23/2/2022).

Capaian Kinerja Layanan Adminduk Kota Surabaya Lampaui Target Nasional

24 Februari 2022

Bangga Surabaya

Dikelola oleh Bidang, Informasi dan Komunikasi Publik serta Statistik | Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Surabaya


Link Terkait

  • Pemerintah Kota Surabaya
  • Command Center 112
  • Laporan Keuangan
  • Sparkling Surabaya

Data Pengunjung

599791
Users Today : 465
This Month : 1582
This Year : 15877
Views Today : 2796
Who's Online : 6
  • Tentang Kami
  • Tim Kami
  • Kontak
  • Kirim Tulisan

© 2021 Bangga Surabaya

No Result
View All Result
  • Home
  • Balai Kota
  • Layanan Publik
  • Inovasi
  • Wisata Kota
  • Etalase UMKM
  • Magazine
  • Visual
    • Foto
    • Video
    • Infografis
  • Indeks

© 2021 Bangga Surabaya

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
English EN Indonesian ID

Add New Playlist