• Tentang Kami
  • Tim Kami
  • Kontak
  • Kirim Tulisan
Bangga Surabaya
No Result
View All Result
  • Home
  • Balai Kota
  • Layanan Publik
  • Inovasi
  • Wisata Kota
  • Etalase UMKM
  • Magazine
  • Visual
    • Foto
    • Video
    • Infografis
  • Indeks
  • Home
  • Balai Kota
  • Layanan Publik
  • Inovasi
  • Wisata Kota
  • Etalase UMKM
  • Magazine
  • Visual
    • Foto
    • Video
    • Infografis
  • Indeks
No Result
View All Result
Bangga Surabaya
No Result
View All Result
Home Visual Magazine

Gapura Edisi Agustus 2021

Kota Surabaya Keluar Zona Merah

Admin by Admin
26 Januari 2022
Reading Time: 2 mins read
FacebookTwitterWhatsapp


Pembaca Gapura yang terhormat

Virus corona kembali mengganas sejak pertengahan Juni hingga awal Agustus 2021. Virus yang meledak di Wuhan, Cina itu datang dengan varian baru. Yakni varian Delta. Sejumlah pakar menganggap varian ini lebih sulit dikendalikan dibandingkan Sars-Cov-2.  Varian ini meningkatkan kasus konfirmasi. Dampaknya seluruh tempat layanan kesehatan dipenuhi pasien Covid-19. Rumah sakit, puskesmas, klinik, hingga tenaga medis kewalahan. Hal ini kemudian muncul persoalan baru. Angka kematian naik, banyak anak menjadi yatim piatu, kesenjangan sosial, hingga tersendatnya perekonomian.

Berdasarkan catatan BPS Surabaya, inflasi sepanjang Juli 2021 tercatat 0,20 persen. Masih lebih baik dibandingkan Juni yang mengalami deflasi 0,17 persen. Beberapa tempat ibadah kembali menutup aktivitas. Bahkan Cukup banyak tempat ibadah membatasi aktivitas dan beberapa di antaranya melakukan secara daring.

Begitu juga imbauan pemerintah untuk meniadakan salat Hari Raya Iduladha Kesiapan dan kesigapan Pemkot Surabaya sepanjang PPKM Darurat cukup taktis. Langkah pertama menggandeng Forkopimda guna menangani penyebaran virus corona di semua lini.

Tak ketinggalan di situ. Koordinasi bottom up juga dilakukan. Pemkot Surabaya menggandeng Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan pemerintah kota/ kabupaten yang berdekatan dengan Surabaya, untuk menekan penyebaran virus dengan varian baru.

Langkah kedua, Pemkot Surabaya memenuhi kewajibannya sebagai pelayan masyarakat. Yakni dengan menyiapkan beberapa fasilitas bagi pasien Covid-19, sejak terkonfirmasi, perawatan hingga pasca perawatan. Beberapa fasilitas disulap menjadi tempat layanan pasien. Pemkot mendirikan rumah sehat di beberapa kelurahan dan menyulap Gelora Bung Tomo untuk melayani pasien Covid-19.

Semua dilakukan semata-mata guna menekan bed occupancy ratio di seluruh rumah sakit. Dua instrumen tersebut menggambarkan indikator kinerja Pemkot Surabaya, bahwa selama ditetapkannya PPKM yang berlangsung 3 Juli hingga 23 Agustus, telah ditangani dengan baik.

Hal yang tidak kalah penting adalah mendorong terciptanya herd immunity. Yakni dengan menggelar vaksinasi massal di seluruh tingkatan usia. Saat ini Pemkot Surabaya cukup gencar menggelar vaksinasi untuk pelajar di jenjang usia 12 tahun.

Alhamdulillah, perjuangan selama satu bulan berhasil dilewati Surabaya. Kota Pahlawan telah keluar dari zona merah dan kini berada di PPKM Level 3. Dalam satu bulan ke depan, Pemkot Surabaya berupaya menurunkan ke Level 2.

Kini Pemkot Surabaya dihadapkan dengan pelaksanaan  pendidikan tatap muka (PTM). Tapi pemkot enggan latah. Tidak mau meniru daerah lain. Pemerintah cukup berhati-hati karena banyak hal yang perlu dipersiapkan. Misalnya menyiapkan  penunjang pembelajaran luar lingkaran (luring) atau offline. Sebut saja penyediaan tempat cuci tangan, pembersih tangan antiseptik, alat deteksi suhu, hingga mengatur jumlah siswa yang mengikuti PTM. Langkah taktis ini perlu dilakukan uji coba untuk dilakukan evaluasi dan monitoring.

Penerapan PTM ini diharapkan bisa menggairahkan pendidikan yang sempat terhenti sejak 2020 akibat virus corona. Tidak bisa dibantah bila pembalajaran daring banyak menemui kendala. Dengan adanya PTM, bisa mereduksi beban siswa dan wali murid. Tugas sekolah tidak tersendat dan tidak perlu menunggu orang tua pulang kerja.

Oh iya, PPKM Level 3 yang didapat Surabaya ini mendorong beberapa kegiatan perekonomian berjalan. Jasa transportasi, pusat perbelanjaan, resto dan perhotelan mulai antre menunjukkan geliat. Tapi tidak mau kecolongan. Protokol kesehatan mutlak dijalankan dengan ketat. Bahkan vaksin menjadi “tiket” yang harus dipenuhi warga untuk masuk mall, hotel, kereta api dan bus jarak jauh, pesawat, hingga tempat wisata.

Kami persembahkan Majalah Gapura edisi Agustus 2021!

ShareTweetSendShareSend

Related Posts

Cover Majalah Gapura Edisi Desember 2021.
Magazine

Gapura Edisi Desember 2021

26 Januari 2022
Cover Gapura Edisi November 2021
Magazine

Gapura Edisi November 2021

26 Januari 2022
Cover Gapura Oktober 2021.
Magazine

Gapura Edisi Oktober 2021

26 Januari 2022
Cover Gapura September 2021
Magazine

Gapura Edisi September 2021

26 Januari 2022
Cover Gapura Edisi Desember 2019
Magazine

Gapura Edisi Desember 2019

4 Januari 2020
Cover Gapura November 2019
Magazine

Gapura Edisi November 2019

5 Desember 2019

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan


Bangga Terkini

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi berkantor di Balai RW.

Setahun Kepemimpinan Eri Cahyadi-Armuji, Seabrek Pelayanan Publik Diintegrasikan dan Dimaksimalkan di Kelurahan

27 Februari 2022
Pemkot Surabaya bagikan insentif bulanan kepada 2236 hafidz dan hafidzah se-Surabaya, Jumat (25/2/2022).

Wali Kota Eri Cahyadi Beri Insensif 2236 Hafidz dan Hafidzah di Kota Surabaya

27 Februari 2022
Kader Surabaya aktif bakal direkrut menjadi Buser di setiap RT untuk menyelesaikan masalah sosial di Kota Pahlawan.

Wali Kota Eri Cahyadi Jadikan Kader ‘Buser Surabaya Hebat’

27 Februari 2022
Aplikasi e-Peken jadi solusi Toko Kelontong dan UMKM di Surabaya untuk memperluas jangkauan pasar.

Wali Kota Eri Cahyadi Minta Dinkopdag Seragamkan Harga Produk di Peken Surabaya

24 Februari 2022
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menjadi narasumber ‘Leader Talk Airlangga Forum’ di ruang kerjanya Lantai 2, Kantor Balai Kota Surabaya, (23/2/2022).

Capaian Kinerja Layanan Adminduk Kota Surabaya Lampaui Target Nasional

24 Februari 2022

Bangga Surabaya

Dikelola oleh Bidang, Informasi dan Komunikasi Publik serta Statistik | Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Surabaya


Link Terkait

  • Pemerintah Kota Surabaya
  • Command Center 112
  • Laporan Keuangan
  • Sparkling Surabaya

Data Pengunjung

595871
Users Today : 478
This Month : 11957
This Year : 11957
Views Today : 3499
Who's Online : 7
  • Tentang Kami
  • Tim Kami
  • Kontak
  • Kirim Tulisan

© 2021 Bangga Surabaya

No Result
View All Result
  • Home
  • Balai Kota
  • Layanan Publik
  • Inovasi
  • Wisata Kota
  • Etalase UMKM
  • Magazine
  • Visual
    • Foto
    • Video
    • Infografis
  • Indeks

© 2021 Bangga Surabaya

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
English EN Indonesian ID

Add New Playlist