Bangga Surabaya – Dinas Pemadam Kebakaran (PMK) Kota Surabaya bergerak cepat dan berhasil menangani genset yang over head di lantai 2 Ruang Meteorologi, Gedung Mal Pelayanan Publik Siola, Selasa (3/3/2020). Kurang dari 10 menit, api sudah berhasil dipadamkan oleh petugas.
Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kebakaran (PMK) Kota Surabaya, Dedi Irianto menyampaikan di hadapan puluhan warga yang sedang mengurus perizinan, bahwa saat ini kondisi sudah kembali aman. Mereka dapat kembali mengurus perizinan sekitar pukul 13.00 wib, setelah listrik kembali menyala.
“Bapak ibu, terkait asupan listrik, kami sudah koordinasi sengan PLN. Sampai saat ini. Namun kalau masyarakat mau menunggu kami silahkan untuk masuk. Tapi kalau besok monggo,” kata Dedi saat mengimbau para pengunjung Mal Pelayanan Publik Siola sembari menggunakan pengeras suara atau megaphone.
Menurutnya, saat ini situasi sudah konduksif seperti sediakala. Para karyawan dapat kembali masuk ke ruangan masing-masing. Namun untuk asupan listrik, masih dalam proses koordinasi. Sehingga dipastikan pelayanan akan kembali dibuka setelah PLN melakukan sambungan listrik.
“Kami upayakan secepatnya agar segera dapat melayani masyarakat. Ini terus komunikasi dengan PLN,” kata dia.
Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana (BPB) dan Linmas Kota Surabaya, Eddy Christijanto mengatakan, pada saat kejadian, ia langsung menyiagakan jajarannya untuk menyebar dan mengimbau warga agar segera keluar dari ruangan.
“Kita juga mengamankan warga. Makanya petugas Linmas yang ada di lantai bawah sampai atas memastikan penghuninya keluar dulu, walaupun apinya kecil. Lebih baik kita kecelik dari pada kecolongan,” tegas dia.
Eddy mengungkapkan, saat peristiwa kebakaran terjadi, petugas langsung melakukan pemadaman api menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) yang sudah ada di setiap lantai gedung bertingkat. Bahkan, karena penanganan yang cepat, sehingga tidak sampai menimbulkan kerugian maupun korban jiwa. “Hanya basah saja, dan asap yang banyak,” pungkasnya. (*)