• Tentang Kami
  • Tim Kami
  • Kontak
  • Kirim Tulisan
Bangga Surabaya
No Result
View All Result
  • Home
  • Balai Kota
  • Layanan Publik
  • Inovasi
  • Wisata Kota
  • Etalase UMKM
  • Magazine
  • Visual
    • Foto
    • Video
    • Infografis
  • Indeks
  • Home
  • Balai Kota
  • Layanan Publik
  • Inovasi
  • Wisata Kota
  • Etalase UMKM
  • Magazine
  • Visual
    • Foto
    • Video
    • Infografis
  • Indeks
No Result
View All Result
Bangga Surabaya
No Result
View All Result
Home Layanan Publik

Cara Humanis Satpol PP Surabaya saat Penertiban Pedagang Pasar Banyu Urip

Admin by Admin
8 Februari 2020
Reading Time: 2 mins read
Kasatpol-PP-surabaya

Kasatpol PP Surabaya, Irvan Widyanto (kemeja biru) bersama Camat Sawahan, M Yunus (putih) ketika meninjau kondisi terkini Pasar Banyu Urip Surabaya.

FacebookTwitterWhatsapp

Bangga Surabaya – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Surabaya memiliki cara unik dan humanis ketika melakukan penertiban pasar yang mayoritas para pedagang itu berasal dari etnis Madura. Mereka pun menggunakan dwi bahasa, yakni Indonesia dan Madura, ketika melakukan dialogis dan komunikatif bersama para pedagang tersebut.

Salah satunya saat melakukan penertiban pedagang di pasar dadakan Banyu Urip Surabaya beberapa hari lalu. Kala itu, Kasatpol PP Surabaya, Irvan Widyanto terjun langsung melakukan dialogis bersama para pedagang menggunakan megaphone dengan Bahasa Indonesia. Selanjutnya, Camat Sawahan yang merupakan orang asli Madura ini kemudian menterjemahkan apa yang disampaikan Kasatpol PP itu dengan Bahasa Madura.

“Jadi kita memang, ibu wali kota senantiasa memberikan arahan dan ajaran kepada kami agar mengutamakan persuasif, dialogis dan komunikatif. Jadi ketika melakukan suatu perencanaan terhadap suatu wilayah, kita lebih banyak mengedepankan komunikasi dan pemahaman,” kata Irvan saat meninjau kondisi terkini Pasar Banyu Urip yang buka setiap pagi, Jum’at (07/02/2020).

Alhasil, para pedagang di Pasar dadakan Banyu Urip yang sebelumnya terlihat tak teratur, bahkan mengganggu akses jalan, kini semakin tertib. Bahkan, kata Irvan, ketika waktu akan menginjak pukul 11.00 wib, para pedagang itu dengan senang hati dan sukarela membongkar sendiri serta membersihkan meja atau bedak (lapak) mereka seusai berjualan. “Sehingga bisa dilihat sekarang kita bisa menormalisasi saluran,” terangnya.

[ Himbauan Penertiban Bilingual Ala Satpol PP Surabaya ]
.
Haii Sobat Praja 😊🙌
Tau gak sih kalau penertiban itu gak harus dengan kekerasan lhoo, tapi juga dapat dilakukan dengan pendekatan budaya yg jauh lebih humanis. pic.twitter.com/iClXPXR0gw

— Satpol PP Surabaya (@satpolppsby) February 6, 2020

Menurutnya, penertiban yang dilakukan memang selalu mengedepankan cara-cara humanis seperti itu. Ketika di suatu wilayah terdapat warga etnis Madura, maka anggota yang bisa berbahasa Madura yang akan berbicara dengan mereka.

“Seperti contohnya kemarin, kebetulan Pak Camat (Sawahan) ini orang Madura, jadi kita secara spontanitas sampaikan untuk menterjemahkan yang kita sampaikan,” imbuhnya.

Irvan mengakui, pihaknya memang memiliki Tim Khusus yang bisa berbahasa Madura. Nah, ketika pihaknya akan melakukan penertiban di wilayah yang warganya asli orang Madura, maka tim ini yang akan berkomunikasi dengan mereka.

“Memang kita ada tim khusus, ada yang bisa Bahasa Madura, itu memang kita kumpulkan dan mereka kita persenjatai dengan megaphone,” jelasnya.

Kendati demikian, Irvan menambahkan, cara seperti ini sebenarnya sudah lama dia lakukan. Namun, karena video saat penertiban di Pasar dadakan Banyu Urip beberapa hari lalu menjadi viral di media sosial, sehingga hal ini membuat masyarakat terpukau dan mendukung cara humanis yang dilakukan Satpol PP Surabaya ini.

“Sebenarnya tindakan dialogis dan komunikatif seperti ini sudah lama kami lakukan,” pungkasnya. (*)

ShareTweetSendShareSend

Related Posts

Petugas dari Pemkot Surabaya melakukan pengecekan harga dan stok minyak goreng di minimarket.
Layanan Publik

Pemkot Surabaya Pantau Harga Minyak Goreng di Ritel

24 Januari 2022
Ketua TP PKK Kota Surabaya Rini Indriyani Eri Cahyadi saat menemui Ahmad Faruq Idhom Afi di kediamannya.
Layanan Publik

Pemkot Surabaya Gerak Cepat Bantu Mantan Atlet Timnas yang Sakit Kronis

19 Januari 2022
Tangkapan layar website lawancovid-19.surabaya.go.id
Inovasi

Lewat Website LawanCovid-19, Pemkot Surabaya Permudah Warga Pantau Jadwal Vaksin

18 Januari 2022
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi saat melaunching cafe pelayanan adminduk Swargaloka.
Balai Kota

Beri Solusi Permasalahan Warga, Wali Kota Eri Ingin Setiap Kecamatan Memiliki Ruang Konsultasi

7 Desember 2021
Balai Kota Surabaya.
Layanan Publik

Pusat Data Cyber 1 Terbakar, Layanan 112 Surabaya Dialihkan Sementara

2 Desember 2021
Aplikasi e-Commerce Peken Surabaya akan diresmikan untuk umum, Minggu 31 Oktober 2021, di Grand City Mal Surabaya saat acara Surabaya Fashion Week (SWF) 2021, Jumat (29/10/2021).
Balai Kota

Permudah Pemasaran Toko Kelontong dan UMKM, Pemkot Surabaya Akan Melaunching Aplikasi Peken

30 Oktober 2021

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan


Bangga Terkini

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi berkantor di Balai RW.

Setahun Kepemimpinan Eri Cahyadi-Armuji, Seabrek Pelayanan Publik Diintegrasikan dan Dimaksimalkan di Kelurahan

27 Februari 2022
Pemkot Surabaya bagikan insentif bulanan kepada 2236 hafidz dan hafidzah se-Surabaya, Jumat (25/2/2022).

Wali Kota Eri Cahyadi Beri Insensif 2236 Hafidz dan Hafidzah di Kota Surabaya

27 Februari 2022
Kader Surabaya aktif bakal direkrut menjadi Buser di setiap RT untuk menyelesaikan masalah sosial di Kota Pahlawan.

Wali Kota Eri Cahyadi Jadikan Kader ‘Buser Surabaya Hebat’

27 Februari 2022
Aplikasi e-Peken jadi solusi Toko Kelontong dan UMKM di Surabaya untuk memperluas jangkauan pasar.

Wali Kota Eri Cahyadi Minta Dinkopdag Seragamkan Harga Produk di Peken Surabaya

24 Februari 2022
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menjadi narasumber ‘Leader Talk Airlangga Forum’ di ruang kerjanya Lantai 2, Kantor Balai Kota Surabaya, (23/2/2022).

Capaian Kinerja Layanan Adminduk Kota Surabaya Lampaui Target Nasional

24 Februari 2022

Bangga Surabaya

Dikelola oleh Bidang, Informasi dan Komunikasi Publik serta Statistik | Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Surabaya


Link Terkait

  • Pemerintah Kota Surabaya
  • Command Center 112
  • Laporan Keuangan
  • Sparkling Surabaya

Data Pengunjung

596426
Users Today : 533
This Month : 12512
This Year : 12512
Views Today : 5018
Who's Online : 5
  • Tentang Kami
  • Tim Kami
  • Kontak
  • Kirim Tulisan

© 2021 Bangga Surabaya

No Result
View All Result
  • Home
  • Balai Kota
  • Layanan Publik
  • Inovasi
  • Wisata Kota
  • Etalase UMKM
  • Magazine
  • Visual
    • Foto
    • Video
    • Infografis
  • Indeks

© 2021 Bangga Surabaya

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
English EN Indonesian ID

Add New Playlist