• Tentang Kami
  • Tim Kami
  • Kontak
  • Kirim Tulisan
Bangga Surabaya
No Result
View All Result
  • Home
  • Balai Kota
  • Layanan Publik
  • Inovasi
  • Wisata Kota
  • Etalase UMKM
  • Magazine
  • Visual
    • Foto
    • Video
    • Infografis
  • Indeks
  • Home
  • Balai Kota
  • Layanan Publik
  • Inovasi
  • Wisata Kota
  • Etalase UMKM
  • Magazine
  • Visual
    • Foto
    • Video
    • Infografis
  • Indeks
No Result
View All Result
Bangga Surabaya
No Result
View All Result
Home Balai Kota

Di Forum UNIDO-PBB, Wali Kota Risma Paparkan Berbagai Terobosan Teknologi dan Penghematannya

Admin by Admin
4 September 2019
Reading Time: 3 mins read
Tri Rismaharini

Wali Kota Risma saat menjadi pembicara dalam forum Bridge For Cities 4.0 di Gedung Vienna International Center, Austria, Selasa (3/09/2019).

FacebookTwitterWhatsapp

Bangga Surabaya – Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menjadi pembicara dalam forum Bridge For Cities 4.0 di Gedung Vienna International Center, Austria, Selasa (3/09/2019).

Forum yang digelar oleh United Nations Industrial Developmen Organization (UNIDO) atau Organisasi Pengembangan Industri Perserikatan Bangsa-Bangsa ini mengangkat tema Anchoring Cities in the Circular Economy: The Role of Digital Technology.

Pada kesempatan itu, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menyampaikan berbagai strategi dan upaya yang telah dilakukannya dalam membangun Kota Surabaya. Terutama yang sesuai dengan tema forum itu, yaitu mewujudkan pengembangan digital teknologi terhadap perkembangan keberlanjutan ekonomi, khususnya di Kota Surabaya.

“Kota ini adalah kota terbesar kedua setelah ibu kota DKI Jakarta, berfungsi sebagai pusat pengembangan di Indonesia timur. Surabaya telah menerapkan pemerintahan elektronik hampir di semua layanan operasional dan publiknya,” kata Wali Kota Risma saat memaparkan materinya di Vienna, Austria.

Menurut Wali Kota Risma, layanan yang menggunakan elekronik itu, dimulai dari sistem manajemen keuangan, seperti mengakomodasi proposal pengembangan dan pemantauan masyarakat. Kemudian manajemen sumber daya manusia.

“Diantaranya juga ada perekrutan, pensiunan, penghargaan, kinerja manajemen aset, e-monitoring keamanan, bantuan sosial, layanan ambulans, ketinggian air dan berbagai layanan lainnya,” kata dia.

Selain itu, pelayanan publik yang juga sudah diterapkan adalah e-lisensi, rekam medis dan resep, e-pendidikan untuk pendaftaran siswa, e-transport untuk kontrol mobilitas dan uji emisi. Bahkan, dokumen kewarganegaraan seperti kelahiran, kematian dan pernikahan pun juga sudah berbasis elektronik.

“Selain pelayanan publik, keluhan masyarakat juga kami fasilitasi dengan elektronik,” imbuhnya.

Wali kota perempuan pertama di Kota Surabaya itu juga memastikan bahwa publik berbasis online tersebut memiliki banyak dampak positif bagi masyarakat.

Ia menegaskan program berbasis digital ini menunjukkan layanan yang transparan, akuntabel, dan lebih diketahui oleh masyarakat. Ia juga memastikan, manfaat lain dari pemanfaatan digital ini adalah mampu mengendalikan  mobilitas orang di kota.

“Ini dilakukan agar masyarakat juga dapat memantau secara online,” paparnya.

Melalui berbagai program ini, Wali Kota yang juga menjabat Presiden UCLG Aspac ini memastikan anggaran pengeluaran mampu dihemat sebanyak 1.9 Juta USD.

“Ini setara dengan Rp 27,5 miliar pertahun. Lumayan bisa digunakan untuk program-program lain,” imbuh dia.

Tidak hanya itu, Wali Kota Risma menjelaskan penggunaan teknologi dalam bidang transportasi, Pemkot Surabaya juga telah mengembangkan berbagai aplikasi. Salah satunya adalah aplikasi Gobis yang dapat memantau posisi Suroboyo Bus. Aplikasi ini pun dikembangkan lagi menjadi aplikasi “Transportasiku” yang mengcover berbagai aplikasi lainnya.

“Aplikasi Transportasiku ini dapat memberikan notifikasi gangguan arus lalu lintas dan dapat mengetahui posisi Suroboyo Bus. Jadi, kegunaannya sangat banyak,” jelas dia.

Kemudian, Wali Kota Risma juga menjelaskan layanan Commend Center (CC) 112 yang berfungsi menangani berbagai masalah dan keluhan masyarakat Surabaya. Petugas dari  CC 112 ini tidak hanya terdiri dari tim penyelamat saja, namun juga terdapat psikolognya.

“Psikolog ini untuk membantu mengatasi masalah sosial warga. Layanan ini buka 24 jam non stop setiap hari dan gratis tidak dipungut biaya sepeser pun,” papar dia.

Selain itu, Wali Kota Risma juga memaparkan keberhasilannya dalam pengelolaan limbah sampah. Bahkan, satu per satu terobosannya dijelaskan kala itu. Mulai dari aplikasi yang dibuat untuk memantau pengumpulan sampah hingga Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang dapat mengeluarkan energi listrik.

“Jadi, aplikasi ini bekerja untuk memantau ketepatan truk sampah saat mengangkut, karena jika terlambat sedikit saja, maka akan berdampak pada kualitas lingkungan,” kata dia.

Dalam menjalankan program ini, pihaknya mengaku semua lapisan masyarakat juga ikut mendukung gerakan pengelolaan limbah sampah. Seperti di tingkat rumah tangga yang memilah sampah organik dan anorganik.

“Kalau sampah anorganik dibawa ke bank sampah yang tersedia di 371 lokasi di seluruh kota. Bank sampah itu bisa menampung 7,14 ton sampah per minggu dan  menghasilkan pendapatan sampai 11.000 USD per bulan,” imbuhnya.

Ia menambahkan, poin penting dari segala program yang dilakukan adalah keterlibatan masyarakat terhadap program itu sendiri.

Lalu untuk mendukung aplikasi online ini, pihaknya sudah menyediakan 200 mesin kios, 3392 koneksi internet di tingkat komunitas.

“Bahkan, sudah ada 1.900 tempat wifi di seluruh Kota Surabaya,”  pungkasnya. (*)

ShareTweetSendShareSend

Related Posts

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi berkantor di Balai RW.
Balai Kota

Setahun Kepemimpinan Eri Cahyadi-Armuji, Seabrek Pelayanan Publik Diintegrasikan dan Dimaksimalkan di Kelurahan

27 Februari 2022
Pemkot Surabaya bagikan insentif bulanan kepada 2236 hafidz dan hafidzah se-Surabaya, Jumat (25/2/2022).
Balai Kota

Wali Kota Eri Cahyadi Beri Insensif 2236 Hafidz dan Hafidzah di Kota Surabaya

27 Februari 2022
Kader Surabaya aktif bakal direkrut menjadi Buser di setiap RT untuk menyelesaikan masalah sosial di Kota Pahlawan.
Balai Kota

Wali Kota Eri Cahyadi Jadikan Kader ‘Buser Surabaya Hebat’

27 Februari 2022
Aplikasi e-Peken jadi solusi Toko Kelontong dan UMKM di Surabaya untuk memperluas jangkauan pasar.
Balai Kota

Wali Kota Eri Cahyadi Minta Dinkopdag Seragamkan Harga Produk di Peken Surabaya

24 Februari 2022
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menjadi narasumber ‘Leader Talk Airlangga Forum’ di ruang kerjanya Lantai 2, Kantor Balai Kota Surabaya, (23/2/2022).
Balai Kota

Capaian Kinerja Layanan Adminduk Kota Surabaya Lampaui Target Nasional

24 Februari 2022
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi bersama HIPMI Surabaya siap berkolaborasi meningkatkan kelas UMKM Kota Pahlawan.
Balai Kota

Pemkot Surabaya dan HIPMI Kolaborasi Buat UMKM Naik Kelas

24 Februari 2022

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan


Bangga Terkini

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi berkantor di Balai RW.

Setahun Kepemimpinan Eri Cahyadi-Armuji, Seabrek Pelayanan Publik Diintegrasikan dan Dimaksimalkan di Kelurahan

27 Februari 2022
Pemkot Surabaya bagikan insentif bulanan kepada 2236 hafidz dan hafidzah se-Surabaya, Jumat (25/2/2022).

Wali Kota Eri Cahyadi Beri Insensif 2236 Hafidz dan Hafidzah di Kota Surabaya

27 Februari 2022
Kader Surabaya aktif bakal direkrut menjadi Buser di setiap RT untuk menyelesaikan masalah sosial di Kota Pahlawan.

Wali Kota Eri Cahyadi Jadikan Kader ‘Buser Surabaya Hebat’

27 Februari 2022
Aplikasi e-Peken jadi solusi Toko Kelontong dan UMKM di Surabaya untuk memperluas jangkauan pasar.

Wali Kota Eri Cahyadi Minta Dinkopdag Seragamkan Harga Produk di Peken Surabaya

24 Februari 2022
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menjadi narasumber ‘Leader Talk Airlangga Forum’ di ruang kerjanya Lantai 2, Kantor Balai Kota Surabaya, (23/2/2022).

Capaian Kinerja Layanan Adminduk Kota Surabaya Lampaui Target Nasional

24 Februari 2022

Bangga Surabaya

Dikelola oleh Bidang, Informasi dan Komunikasi Publik serta Statistik | Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Surabaya


Link Terkait

  • Pemerintah Kota Surabaya
  • Command Center 112
  • Laporan Keuangan
  • Sparkling Surabaya

Data Pengunjung

600030
Users Today : 239
This Month : 1821
This Year : 16116
Views Today : 1801
Who's Online : 8
  • Tentang Kami
  • Tim Kami
  • Kontak
  • Kirim Tulisan

© 2021 Bangga Surabaya

No Result
View All Result
  • Home
  • Balai Kota
  • Layanan Publik
  • Inovasi
  • Wisata Kota
  • Etalase UMKM
  • Magazine
  • Visual
    • Foto
    • Video
    • Infografis
  • Indeks

© 2021 Bangga Surabaya

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
English EN Indonesian ID

Add New Playlist