• Tentang Kami
  • Tim Kami
  • Kontak
  • Kirim Tulisan
Bangga Surabaya
No Result
View All Result
  • Home
  • Balai Kota
  • Layanan Publik
  • Inovasi
  • Wisata Kota
  • Etalase UMKM
  • Magazine
  • Visual
    • Foto
    • Video
    • Infografis
  • Indeks
  • Home
  • Balai Kota
  • Layanan Publik
  • Inovasi
  • Wisata Kota
  • Etalase UMKM
  • Magazine
  • Visual
    • Foto
    • Video
    • Infografis
  • Indeks
No Result
View All Result
Bangga Surabaya
No Result
View All Result
Home Layanan Publik

Begini Sepak Terjang Tim Selam BPB Linmas Surabaya

Admin by Admin
25 Juli 2019
Reading Time: 2 mins read
Tim Selam BPB dan Linmas Surabaya

Tim Selam BPB dan Linmas Surabaya

FacebookTwitterWhatsapp

Bangga Surabaya – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya melalui Badan Penanggulangan Bencana dan Perlindungan Masyarakat (BPB Linmas) terus berupaya menjawab respon time yang cepat, tepat, dan aman dalam menghadapi setiap bencana yang tidak bisa diprediksi datangnya. Seperti ketika sebuah bencana itu berada di air, pemkot menerjunkan tim selam yang terlatih khusus dalam menghadapi situasi tersebut.

Kepala BPB Linmas Kota Surabaya, Eddy Christijanto mengatakan, tim selam BPB Linmas merupakan petugas yang diterjunkan ketika terjadi peristiwa bencana di air, salah satunya evakuasi adanya orang tenggelam. “Seperti dahulu ada kejadian warga Surabaya bersama mobilnya tenggelam di Sungai Tulungagung, kita terjunkan tim selam ke sana untuk evakuasi korban,” kata Eddy, Rabu, (24/07/2019).

Dia menjelaskan, tim selam yang dimiliki Pemkot Surabaya merupakan anggota gabungan dari beberapa dinas. Mereka terdiri dari anggota BPB Linmas, Satpol PP dan jajaran di lingkungan Dinas Pemadam Kebakaran (PMK).

“Jadi tim selam kita merupakan petugas gabungan dari beberapa dinas, dari BPB Linmas ada 10 orang, Satpol PP 10 orang dan Dinas PMK 5 orang,” jelasnya.

Beragam kendala yang dihadapi tim selam saat melakukan evakuasi di lapangan, membuat mereka harus siap dan sigap dihadapkan dalam situasi apapun. Karena itu, Eddy memastikan, sebelum tergabung dengan tim selam, mereka telah diberikan pembekalan dan berbagai macam pelatihan teknik selam.

“Setiap Sabtu mereka rutin kita berikan pelatihan. Kita juga menggandeng Marinir dalam memberikan pelatihan-pelatihan teknik selam kepada anggota,” ujarnya.

Menurutnya, hal ini sebagai upaya meningkatkan pengetahuan, kemampuan, dan ketrampilan mereka dalam penanganan bencana, khususnya teknik pertolongan korban di air (water rescue). Menariknya, selain latihan di kolam renang dan sungai, mereka juga diberikan pelatihan menyelam di laut lepas.

“Untuk alat-alatnya kita juga lengkap, seperti baju khusus selam, perahu karet dan tabung oksigen kita siap semua,” jelasnya.

Namun, Eddy mengungkapkan, tak jarang jika tim selam menghadapi kendala saat melakukan evakuasi korban di air. Seperti ketika diterjunkan di sungai yang berlumpur. Dengan jarak pandang yang terbatas, mereka harus melakukan evakuasi korban tenggelam. “Jadi ada strateginya ketika mereka dihadapkan dengan situasi seperti itu. Mereka sebelumnya diberikan pelatihan oleh Marinir,” imbuhnya.

Salah satu anggota BPB Linmas yang tergabung dalam tim selam adalah Ali Nurohim. Pria berusia 24 tahun ini mengaku sebelumnya tidak mengetahui teknik dasar selam. Namun setelah mendapat berbagai teknik pelatihan selam, kini ia menjadi salah satu andalan dari tim selam BPB Linmas Surabaya.

“Penyelamatan pertama saya setelah latihan selam itu adalah evakuasi anak tenggelam di Wiyung. Evakuasinya berjalan tiga hari, dan mayatnya ditemukan mengapung setelah kami lakukan pencarian,” kata Ali.

Tidak hanya melakukan evakuasi di dalam kota, tim selam BPB Linmas juga melakukan evakuasi yang menyangkut kepentingan dan keselamatan warga Surabaya yang berada di luar Surabaya. Ali mengungkapkan, ia bersama timnya seringkali diterjunkan ke luar kota untuk membantu melakukan evakuasi kebencanaan.

“Kami sering melakukan evakuasi di luar Surabaya. Biasanya kita melakukan evakuasi gabungan atau kalau ada kejadian warga Surabaya yang mengalami musibah di luar kota, kami akan menangani langsung ke kota tersebut,” pungkasnya. (*)

ShareTweetSendShareSend

Related Posts

Petugas dari Pemkot Surabaya melakukan pengecekan harga dan stok minyak goreng di minimarket.
Layanan Publik

Pemkot Surabaya Pantau Harga Minyak Goreng di Ritel

24 Januari 2022
Ketua TP PKK Kota Surabaya Rini Indriyani Eri Cahyadi saat menemui Ahmad Faruq Idhom Afi di kediamannya.
Layanan Publik

Pemkot Surabaya Gerak Cepat Bantu Mantan Atlet Timnas yang Sakit Kronis

19 Januari 2022
Tangkapan layar website lawancovid-19.surabaya.go.id
Inovasi

Lewat Website LawanCovid-19, Pemkot Surabaya Permudah Warga Pantau Jadwal Vaksin

18 Januari 2022
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi saat melaunching cafe pelayanan adminduk Swargaloka.
Balai Kota

Beri Solusi Permasalahan Warga, Wali Kota Eri Ingin Setiap Kecamatan Memiliki Ruang Konsultasi

7 Desember 2021
Balai Kota Surabaya.
Layanan Publik

Pusat Data Cyber 1 Terbakar, Layanan 112 Surabaya Dialihkan Sementara

2 Desember 2021
Aplikasi e-Commerce Peken Surabaya akan diresmikan untuk umum, Minggu 31 Oktober 2021, di Grand City Mal Surabaya saat acara Surabaya Fashion Week (SWF) 2021, Jumat (29/10/2021).
Balai Kota

Permudah Pemasaran Toko Kelontong dan UMKM, Pemkot Surabaya Akan Melaunching Aplikasi Peken

30 Oktober 2021

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan


Bangga Terkini

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi berkantor di Balai RW.

Setahun Kepemimpinan Eri Cahyadi-Armuji, Seabrek Pelayanan Publik Diintegrasikan dan Dimaksimalkan di Kelurahan

27 Februari 2022
Pemkot Surabaya bagikan insentif bulanan kepada 2236 hafidz dan hafidzah se-Surabaya, Jumat (25/2/2022).

Wali Kota Eri Cahyadi Beri Insensif 2236 Hafidz dan Hafidzah di Kota Surabaya

27 Februari 2022
Kader Surabaya aktif bakal direkrut menjadi Buser di setiap RT untuk menyelesaikan masalah sosial di Kota Pahlawan.

Wali Kota Eri Cahyadi Jadikan Kader ‘Buser Surabaya Hebat’

27 Februari 2022
Aplikasi e-Peken jadi solusi Toko Kelontong dan UMKM di Surabaya untuk memperluas jangkauan pasar.

Wali Kota Eri Cahyadi Minta Dinkopdag Seragamkan Harga Produk di Peken Surabaya

24 Februari 2022
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menjadi narasumber ‘Leader Talk Airlangga Forum’ di ruang kerjanya Lantai 2, Kantor Balai Kota Surabaya, (23/2/2022).

Capaian Kinerja Layanan Adminduk Kota Surabaya Lampaui Target Nasional

24 Februari 2022

Bangga Surabaya

Dikelola oleh Bidang, Informasi dan Komunikasi Publik serta Statistik | Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Surabaya


Link Terkait

  • Pemerintah Kota Surabaya
  • Command Center 112
  • Laporan Keuangan
  • Sparkling Surabaya

Data Pengunjung

595876
Users Today : 483
This Month : 11962
This Year : 11962
Views Today : 3577
Who's Online : 8
  • Tentang Kami
  • Tim Kami
  • Kontak
  • Kirim Tulisan

© 2021 Bangga Surabaya

No Result
View All Result
  • Home
  • Balai Kota
  • Layanan Publik
  • Inovasi
  • Wisata Kota
  • Etalase UMKM
  • Magazine
  • Visual
    • Foto
    • Video
    • Infografis
  • Indeks

© 2021 Bangga Surabaya

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
English EN Indonesian ID

Add New Playlist