• Tentang Kami
  • Tim Kami
  • Kontak
  • Kirim Tulisan
Bangga Surabaya
No Result
View All Result
  • Home
  • Balai Kota
  • Layanan Publik
  • Inovasi
  • Wisata Kota
  • Etalase UMKM
  • Magazine
  • Visual
    • Foto
    • Video
    • Infografis
  • Indeks
  • Home
  • Balai Kota
  • Layanan Publik
  • Inovasi
  • Wisata Kota
  • Etalase UMKM
  • Magazine
  • Visual
    • Foto
    • Video
    • Infografis
  • Indeks
No Result
View All Result
Bangga Surabaya
No Result
View All Result
Home Inovasi

Begini Langkah Dishub Surabaya Menyambut Datangnya Arus Mudik Lebaran

Admin by Admin
27 Mei 2019
Reading Time: 2 mins read
Kepala Dishub Surabaya, Irvan Wahyudrajat, saat meninjau kesiapan jajarannya menyambut arus mudik lebaran 2019.

Kepala Dishub Surabaya, Irvan Wahyudrajat, saat meninjau kesiapan jajarannya menyambut arus mudik lebaran 2019.

FacebookTwitterWhatsapp

Bangga Surabaya – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya menerjunkan 946 orang personil untuk melakukan pengawasan, pengendalian dan penertiban angkutan, dalam menyambut arus mudik dan libur lebaran 2019. Ratusan personil itu bakal diterjunkan ke posko-posko, terminal, hingga tempat-tempat keramaian untuk membantu kelancaran arus mudik dan libur lebaran.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya, Irvan Wahyudrajat, mengatakan para personil tadi akan diterjukan ke beberapa tempat, seperti terminal-terminal dan posko arus mudik yang tersebar di Surabaya. Selain itu, Dishub Surabaya juga akan bersinergi dengan beberapa pihak untuk memastikan kelancaran selama arus mudik lebaran 2019.

“Selama lebaran kita tidak cuti dan libur, kita secara bergantian. Kita juga siapkan pos lebaran, baik di kantor maupun terminal-terminal, untuk melayani pemudik ataupun massa lebaran,” kata Irvan, Minggu (26/5/2019).

Irvan menjelaskan sejak awal bulan Mei 2019, Dishub Surabaya bersama dengan jajaran Polrestabes Surabaya, Polres Pelabuhan Tanjung Perak, serta Gartab III Surabaya, juga telah melakukan pengecekan kelayakan kendaraan di terminal-terminal. Seperti kelengkapan administrasi kendaraan, emisi, hingga tes kesehatan bagi para pengemudi.

“Kalau ramp check (inspeksi keselamatan) rutin di terminal kita sudah lakukan pengecekan tiap hari. Tapi khusus untuk yang lebih spesifik, seperti pemeriksaan kesehatan (pengemudi), fisik, dan tes urin seminggu bisa dua, sampai tiga kali,” jelasnya.

Bagi para pengemudi angkutan umum yang telah lulus akreditasi maupun layak jalan, akan diberikan sebuah tanda stiker di depan kaca kendaraan. Karena itu, Irvan mengimbau kepada pengguna angkutan umum, agar memilih bus yang sudah berstiker atau sudah melakukan ramp check keselamatan. “Yang sudah lulus akreditasi maupun layak jalan, kita berikan stiker, bahwa inspeksi keselamatan sudah dilakukan,” katanya.

Irvan menyampaikan pihaknya juga telah bekerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Surabaya, untuk menyiapkan posko kesehatan yang terdapat di beberapa lokasi. Hal ini dilakukan untuk membantu para pemudik yang membutuhkan layanan kesehatan. Para pemudik bisa mendapatkan layanan kesehatan di posko tersebut secara gratis.

“Jadi tidak hanya para pengemudi yang kita tes kesehatan, tapi para penumpang juga bisa mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis. Seperti cek tensi darah, bahkan bisa mendapat obat-obat lain yang diperlukan,” tuturnya.

Disamping itu. Irvan menegaskan, untuk pengendalian arus lalu lintas di sekitaran Terminal Purabaya, pihaknya juga bakal melakukan pengamanan dan penertiban bersama beberapa pihak. Dishub Surabaya bakal melakukan penertiban bagi angkutan online yang manggkal di sekitaran Jalan Medaeng yang berpotensi menyebabkan kemacetan.

“Kita akan melakukan pengamanan bersama di Medaeng, dengan Polres Sidoarjo dan Polsek Sidoarjo. Nanti kita akan operasi gabungan patroli bersama untuk menertibkan angkutan online,” terangnya.

Untuk mengantisipasi terjadinya penumpukan penumpang saat mudik lebaran, sebanyak 997 bus telah disiagakan untuk melayani trayek ke sejumlah daerah, yakni AKAP (Angkutan Kota Antar Provinsi) sebanyak 470 dan AKDP (Antar Kota Dalam Provinsi) sebanyak 527. Sementara itu, khusus untuk jumlah angkutan kota yang disiagakan sebanyak 144, dan ditambah dengan armada Suroboyo Bus.

Tak hanya itu, Irvan menyebut, Dishub Surabaya juga telah menyiapkan armada bus cadangan untuk mengantisipasi kelambatan kedatangan bus saat mudik lebaran. “Baik itu bus pariwisata, bus damri, ataupun alih trayek dari yang sepi ke ramai,” imbuhnya.

Irvan menambahkan, pengendalian arus mudik dan penertiban arus lalu lintas tidak hanya dilakukan pada armada dan terminal-terminal, tapi juga kemungkinan tempat-tempat wisata di Surabaya. Jajaran Dishub Surabaya akan menyiagakan personil di lokasi wisata atau tempat-tempat yang ramai dikunjungi masyarakat. Seperti Kebun Binatang Surabaya (KBS), Kenjeran, Taman Suroboyo, Wisata Religi Ampel, hingga mall-mall di Surabaya. “Kita antisipasi dari sisi pengaturan parkir, kemudian juga patroli lalu lintas,” pungkasnya. (*)

ShareTweetSendShareSend

Related Posts

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi saat berkunjung ke salah satu store Uniqlo.
Balai Kota

Hadir di Store Perusahaan Asal Jepang, Produk UMKM Surabaya Go Internasional

24 Januari 2022
Petugas dari Pemkot Surabaya melakukan pengecekan harga dan stok minyak goreng di minimarket.
Layanan Publik

Pemkot Surabaya Pantau Harga Minyak Goreng di Ritel

24 Januari 2022
Ketua TP PKK Kota Surabaya Rini Indriyani Eri Cahyadi saat menemui Ahmad Faruq Idhom Afi di kediamannya.
Layanan Publik

Pemkot Surabaya Gerak Cepat Bantu Mantan Atlet Timnas yang Sakit Kronis

19 Januari 2022
Tangkapan layar website lawancovid-19.surabaya.go.id
Inovasi

Lewat Website LawanCovid-19, Pemkot Surabaya Permudah Warga Pantau Jadwal Vaksin

18 Januari 2022
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi saat melaunching cafe pelayanan adminduk Swargaloka.
Balai Kota

Beri Solusi Permasalahan Warga, Wali Kota Eri Ingin Setiap Kecamatan Memiliki Ruang Konsultasi

7 Desember 2021
Balai Kota Surabaya.
Layanan Publik

Pusat Data Cyber 1 Terbakar, Layanan 112 Surabaya Dialihkan Sementara

2 Desember 2021

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan


Bangga Terkini

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi berkantor di Balai RW.

Setahun Kepemimpinan Eri Cahyadi-Armuji, Seabrek Pelayanan Publik Diintegrasikan dan Dimaksimalkan di Kelurahan

27 Februari 2022
Pemkot Surabaya bagikan insentif bulanan kepada 2236 hafidz dan hafidzah se-Surabaya, Jumat (25/2/2022).

Wali Kota Eri Cahyadi Beri Insensif 2236 Hafidz dan Hafidzah di Kota Surabaya

27 Februari 2022
Kader Surabaya aktif bakal direkrut menjadi Buser di setiap RT untuk menyelesaikan masalah sosial di Kota Pahlawan.

Wali Kota Eri Cahyadi Jadikan Kader ‘Buser Surabaya Hebat’

27 Februari 2022
Aplikasi e-Peken jadi solusi Toko Kelontong dan UMKM di Surabaya untuk memperluas jangkauan pasar.

Wali Kota Eri Cahyadi Minta Dinkopdag Seragamkan Harga Produk di Peken Surabaya

24 Februari 2022
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menjadi narasumber ‘Leader Talk Airlangga Forum’ di ruang kerjanya Lantai 2, Kantor Balai Kota Surabaya, (23/2/2022).

Capaian Kinerja Layanan Adminduk Kota Surabaya Lampaui Target Nasional

24 Februari 2022

Bangga Surabaya

Dikelola oleh Bidang, Informasi dan Komunikasi Publik serta Statistik | Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Surabaya


Link Terkait

  • Pemerintah Kota Surabaya
  • Command Center 112
  • Laporan Keuangan
  • Sparkling Surabaya

Data Pengunjung

596429
Users Today : 536
This Month : 12515
This Year : 12515
Views Today : 5277
Who's Online : 7
  • Tentang Kami
  • Tim Kami
  • Kontak
  • Kirim Tulisan

© 2021 Bangga Surabaya

No Result
View All Result
  • Home
  • Balai Kota
  • Layanan Publik
  • Inovasi
  • Wisata Kota
  • Etalase UMKM
  • Magazine
  • Visual
    • Foto
    • Video
    • Infografis
  • Indeks

© 2021 Bangga Surabaya

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
English EN Indonesian ID

Add New Playlist