• Tentang Kami
  • Tim Kami
  • Kontak
  • Kirim Tulisan
Bangga Surabaya
No Result
View All Result
  • Home
  • Balai Kota
  • Layanan Publik
  • Inovasi
  • Wisata Kota
  • Etalase UMKM
  • Magazine
  • Visual
    • Foto
    • Video
    • Infografis
  • Indeks
  • Home
  • Balai Kota
  • Layanan Publik
  • Inovasi
  • Wisata Kota
  • Etalase UMKM
  • Magazine
  • Visual
    • Foto
    • Video
    • Infografis
  • Indeks
No Result
View All Result
Bangga Surabaya
No Result
View All Result
Home Layanan Publik

Command Center 112 Raih Penghargaan Layanan Darurat Terbaik Kategori Metropolitan

Layanan Kedaruratan Terbaik Di Bawah 10 Menit

Admin by Admin
30 Maret 2019
Reading Time: 2 mins read
Command Center room 112 Siola

Command Center room 112 Siola

FacebookTwitterWhatsapp

Bangga Surabaya – Layanan Command Center 112 milik Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya mendapat penghargaan dari asosiasi global Contact Center World. Penghargaan itu, diberikan karena CC 112 dinilai sebagai program sukses untuk studi kasus call center layanan kedaruratan terbaik di bawah 10 menit.

Tidak hanya itu, asosiasi Contact Center World yang berdiri sejak tahun 1999 itu, juga memberikan penghargaan kepada Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, sebagai leader terbaik dalam layanan publik pusat kontak.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengucapkan ribuan terima kasih kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dan Contact Center World atas terpilihnya layanan tanggap darurat CC 112 sebagai layanan kedaruratan tercepat. “Terima kasih atas penghargaan yang diberikan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika serta Contact Center World, yang memberikan penghargaan kepada kota dan saya pribadi,” kata Wali Kota Risma.

Ia menjelaskan ide awal pembuatan layanan tanggap darurat 112 tersebut, dimulai ketika salah satu warga mengalami kebakaran, namun warga itu mengalami kesulitan untuk meminta bantuan. Karena, pada saat itu nomer Dinas Pemadam Kebakaran (PMK) Surabaya terlalu panjang. “Karena itu, saya membuat program yang nomernya mudah diingat (112) untuk menolong warga,” ujarnya.

Seiring berjalannya waktu, lanjut dia, layanan tanggap darurat Command Center 112 terus mengalami perkembangan. Saat ini layanan 112 sudah saling terkoneksi dengan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkot Surabaya yang berhubungan langsung dengan pelayanan masyarakat.

“Akhirnya kemudian saya membuat CC 112 yang terpadu dengan seluruh OPD dan dinas yang selama ini ada pelayanan langsung ke masyarakat,” jelasnya.

Wali kota perempuan pertama di Surabaya ini juga menyebut awalnya durasi fast time layanan 112 sekitar 10 menit. Namun akhirnya, Wali Kota Risma terus menekan agar respon time  layanan 112 bisa kurang dari 10 menit dan ketemulah 7 menit. Untuk mendukung hal itu, pihaknya menyebarkan beberapa posko terpadu untuk mempercepat pelayanan.

“Saya berharap permasalahan-permasalahan warga Surabaya, melalui CC 112 ini bisa menjadi telinga, mata dan mulut warga Kota Surabaya,” tuturnya.

Kunjungan Asosiasi Layanan Kedaruratan 112 se Pulau Jawa bersama Kemenkominfo di CC Room 112 Siola

Direktur Pengembangan Pita Lebar Kemenkominfo, Benyamin Sura mengapresiasi penuh atas kinerja Wali Kota Risma dalam program layanan tanggap darurat CC 112. Ia menilai, layanan tanggap darurat Command Center 112 milik Pemkot Surabaya sangat tepat hadir di tengah-tengah masyarakat.

“Kami sangat sepakat bahwa Surabaya ini mendapat predikat terbaik. Pelayanan memang disiapkan untuk melayani masyarakat secara prima. Terbukti dari respon time kepada masyarakat sangat cepat yakni tujuh menit. Artinya kecepatan itu sangat maksimal,” kata Benyamin saat berkunjung di ruang kendali CC Room 112 Siola bersama rombongan asosiasi 112 se Pulau Jawa, Jum’at, (29/03/19).

Menurutnya, pelayanan semacam ini sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat. Sebab jika di kota lain, respon time layanan tanggap darurat kuranglebih sekitar 10 sampai 15 menit. Namun di Surabaya, respon time mampu mencapai 7 menit.

“Dibanding dengan kota lain, yang respon time nya sekitar 10 sampai 15 menit, Wali Kota Surabaya mampu menekan itu,” terangnya.

Benyamin juga menerangkan bahwa kunjungannya bersama rombongan asosiasi layanan pusat kendali 112 yang berjumlah sekitar 100 itu, bertujuan untuk menggali dan mempelajari bagaimana Pemkot Surabaya mengelola layanan kedaruratan.

“Sekaligus saya berharap saat kembali nanti, mereka dapat mengimplementasikan dengan cara seperti ini,” kata Benyamin.

Ia menambahkan pihaknya akan terus memfasilitasi pemerintah daerah, dengan memberi pelayanan agar semua masyarakat dapat dengan mudah terhubung dengan layanan 112 di semua ponsel. “Semua provider agar dapat menghubungi CC 112 bebas biaya, dan ini juga sudah diatur dalam undang-undang,” tutupnya.  (*)

ShareTweetSendShareSend

Related Posts

Petugas dari Pemkot Surabaya melakukan pengecekan harga dan stok minyak goreng di minimarket.
Layanan Publik

Pemkot Surabaya Pantau Harga Minyak Goreng di Ritel

24 Januari 2022
Ketua TP PKK Kota Surabaya Rini Indriyani Eri Cahyadi saat menemui Ahmad Faruq Idhom Afi di kediamannya.
Layanan Publik

Pemkot Surabaya Gerak Cepat Bantu Mantan Atlet Timnas yang Sakit Kronis

19 Januari 2022
Tangkapan layar website lawancovid-19.surabaya.go.id
Inovasi

Lewat Website LawanCovid-19, Pemkot Surabaya Permudah Warga Pantau Jadwal Vaksin

18 Januari 2022
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi saat melaunching cafe pelayanan adminduk Swargaloka.
Balai Kota

Beri Solusi Permasalahan Warga, Wali Kota Eri Ingin Setiap Kecamatan Memiliki Ruang Konsultasi

7 Desember 2021
Balai Kota Surabaya.
Layanan Publik

Pusat Data Cyber 1 Terbakar, Layanan 112 Surabaya Dialihkan Sementara

2 Desember 2021
Aplikasi e-Commerce Peken Surabaya akan diresmikan untuk umum, Minggu 31 Oktober 2021, di Grand City Mal Surabaya saat acara Surabaya Fashion Week (SWF) 2021, Jumat (29/10/2021).
Balai Kota

Permudah Pemasaran Toko Kelontong dan UMKM, Pemkot Surabaya Akan Melaunching Aplikasi Peken

30 Oktober 2021

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan


Bangga Terkini

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi berkantor di Balai RW.

Setahun Kepemimpinan Eri Cahyadi-Armuji, Seabrek Pelayanan Publik Diintegrasikan dan Dimaksimalkan di Kelurahan

27 Februari 2022
Pemkot Surabaya bagikan insentif bulanan kepada 2236 hafidz dan hafidzah se-Surabaya, Jumat (25/2/2022).

Wali Kota Eri Cahyadi Beri Insensif 2236 Hafidz dan Hafidzah di Kota Surabaya

27 Februari 2022
Kader Surabaya aktif bakal direkrut menjadi Buser di setiap RT untuk menyelesaikan masalah sosial di Kota Pahlawan.

Wali Kota Eri Cahyadi Jadikan Kader ‘Buser Surabaya Hebat’

27 Februari 2022
Aplikasi e-Peken jadi solusi Toko Kelontong dan UMKM di Surabaya untuk memperluas jangkauan pasar.

Wali Kota Eri Cahyadi Minta Dinkopdag Seragamkan Harga Produk di Peken Surabaya

24 Februari 2022
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menjadi narasumber ‘Leader Talk Airlangga Forum’ di ruang kerjanya Lantai 2, Kantor Balai Kota Surabaya, (23/2/2022).

Capaian Kinerja Layanan Adminduk Kota Surabaya Lampaui Target Nasional

24 Februari 2022

Bangga Surabaya

Dikelola oleh Bidang, Informasi dan Komunikasi Publik serta Statistik | Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Surabaya


Link Terkait

  • Pemerintah Kota Surabaya
  • Command Center 112
  • Laporan Keuangan
  • Sparkling Surabaya

Data Pengunjung

596223
Users Today : 330
This Month : 12309
This Year : 12309
Views Today : 2060
Who's Online : 15
  • Tentang Kami
  • Tim Kami
  • Kontak
  • Kirim Tulisan

© 2021 Bangga Surabaya

No Result
View All Result
  • Home
  • Balai Kota
  • Layanan Publik
  • Inovasi
  • Wisata Kota
  • Etalase UMKM
  • Magazine
  • Visual
    • Foto
    • Video
    • Infografis
  • Indeks

© 2021 Bangga Surabaya

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
English EN Indonesian ID

Add New Playlist