• Tentang Kami
  • Tim Kami
  • Kontak
  • Kirim Tulisan
Bangga Surabaya
No Result
View All Result
  • Home
  • Balai Kota
  • Layanan Publik
  • Inovasi
  • Wisata Kota
  • Etalase UMKM
  • Magazine
  • Visual
    • Foto
    • Video
    • Infografis
  • Indeks
  • Home
  • Balai Kota
  • Layanan Publik
  • Inovasi
  • Wisata Kota
  • Etalase UMKM
  • Magazine
  • Visual
    • Foto
    • Video
    • Infografis
  • Indeks
No Result
View All Result
Bangga Surabaya
No Result
View All Result
Home Layanan Publik

Melalui Baksos Terintegrasi, Pemkot Surabaya Sediakan Berbagai Pelayanan Gratis untuk Warga

Admin by Admin
15 Maret 2019
Reading Time: 3 mins read
Berbagai fasilitas layanan publik dihadirkan pada kegiatan tersebut

Berbagai fasilitas layanan publik dihadirkan pada kegiatan tersebut

FacebookTwitterWhatsapp

Bangga Surabaya – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya kembali menggelar Bakti Sosial (Baksos) dengan Pelayanan Integrasi bertempat di Lapangan Tambak Asri XIII Kelurahan Morokrembangan Kecamatan Krembangan Surabaya, Rabu, (13/03/18). Melalui roadshow tersebut, masyarakat dengan mudah mendapat pelayanan kesehatan gratis, sekaligus pelayanan informasi dan administrasi secara langsung.

Berbagai pelayanan dari masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Surabaya hadir dalam kegiatan tersebut. Diantaranya yakni, pelayanan kesehatan gratis, pengurusan e-KTP, informasi ketenagakerjaan, media center, hingga fasilitas mobile perpustakaan. Masyarakat dapat memanfaatkan berbagai pelayanan terintegrasi yang disediakan oleh Pemkot Surabaya tersebut.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dalam sambutannya mengatakan dalam kegiatan itu Pemkot Surabaya telah menyediakan berbagai fasilitas pelayanan. Masyarakat yang hadir diharapkan bisa memanfaatkan berbagai pelayanan yang disediakan oleh Pemkot Surabaya tersebut.

“Mulai pengurusan KTP, semua ada disini, termasuk izin usaha lengkap di sini, silahkan bapak ibu sekalian memanfaatkannya,” kata Wali Kota Risma di sela-sela sambutannya.

Dalam kesempatan itu, ia juga mengarahkan kepada Ketua RT dan RW setempat, apabila ada warganya yang sedang mengalami sakit, agar bisa diajak berobat ke sini. Bahkan, ia menegaskan, akan menugaskan jajarannya untuk menjemput langsung ke rumah orang yang sakit itu jika kondisinya memang tidak memungkinkan untuk datang.

“Mungkin ada warga yang saat ini sakit dan tidak bisa datang ke sini, tolong disampaikan, kita akan jemput. Kalau perlu dirujuk perawatan ke rumah sakit, kita akan jemput dan antar,” ujarnya.

Tidak hanya itu, Wali Kota Risma juga berpesan kepada Ketua RT dan RW yang hadir, apabila ada ada anak putus sekolah agar didata dan disampaikan melalui kelurahan. Bahkan ia juga tak ingin jika ada lansia yang kondisinya tidak mampu sampai tidak bisa makan. Karena itu, ia mengimbau kepada ketua RT dan RW agar disampaikan jika ada warganya yang mengalami kondisi itu.

“Kalau ada warganya yang lansia, ataupun menderita sakit TBC atau kangker, itu sampaikan ke kita. Karena kita ada program permakanan tambahan, saya minta tolong disampaikan. Tolong disampaikan data itu saya tunggu,” pesannya.

Pada kesempatan itu, Wali Kota Risma juga melakukan tanya jawab langsung bersama warga. Warga yang hadir diberi kesempatan untuk menyampaikan uneg-unegnya terkait berbagai permasalahan yang ada di wilayah masing-masing. Baik itu, masalah infrastuktur, kesehatan, sekolah, hingga administrasi pemerintahan.

“Saya akan catat masalah-masalah Pak RT dan RW, kalau bisa saya selesaikan hari ini, kita langsung selesaikan. Namun, kalau masalahnya tidak bisa diselesaikan langsung, nanti saya komunikasikan dengan dinas terkait,” jelasnya.

Tampak beberapa warga kemudian mengajukan pertanyaan dan menyampaikan uneg-unegnya kepada pejabat nomor satu di lingkungan Pemkot Surabaya itu. Diantaranya yakni, M. Zainul Abidin selaku Ketua RW 6 Tambak Asri Kelurahan Morokrembangan Surabaya yang menyampaikan saluran drainase di wilayahnya kondisinya sering mampet, sehingga menyebabkan banjir. Ia juga menyampaikan jika ada salah satu warganya yang sedang mengalami sakit, namun tidak memiliki biaya untuk berobat.

“Ada warga kami yang sakit, beliau saat ini sakit namun tidak memiliki biaya untuk melaksanakan berobat. Kami juga di sini punya kelompok UKM yang sangat membutuhkan sentra UKM,” ujarnya.

Berbeda dengan Sugianto Ketua RW 9 Tambak Asri Kelurahan Morokrembangan Surabaya yang menyampaikan jika banyak pemuda di wilayahnya yang menganggur  imbas dari PHK perusahaan. Ia berharap agar ada solusi dari Pemkot Surabaya bagi warganya yang saat ini menganggur. “Tolong Bu wali, warga saya yang saat ini menganggur agar bisa dicarikan solusi. Nanti kita data, kita sampaikan,” ujarnya.

Wali Kota Risma saat memberikan motivasi kepada pelajar sekolah

Usai mendengar uneg-uneg dari warga tersebut, Wali Kota Risma secara langsung memberi arahan kepada masing-masing kepala OPD terkait, agar segera mencarikan solusi dan menyelesaikan permasalahan warga tersebut. Bahkan, Wali Kota Risma juga langsung memberi arahan kepada jajarannya agar warga yang kondisinya sakit, segera dijemput dan langsung dirujuk ke rumah sakit supaya mendapatkan pelayanan medis.

Pada kesempatan itu, juga dimanfaatkan oleh Wali Kota Risma untuk memberikan pengarahan dan motivasi kepada para pelajar sekolah. Menurutnya, anak-anak adalah aset negara yang nantinya bakal meneruskan perjuangan bangsa. Karena itu, di sela-sela kunjungannya itu, ia menyempatkan untuk berdialog bersama mereka.

“Kenapa saya bicara dengan anak-anak. Karena mereka nanti yang akan meneruskan apa yang sudah kita perjuangan saat ini. Tidak ada gunanya kita semua berusaha, sebesar apapun, sekaya apapun, sesukses apapun, kalau anak-anak ini tidak bisa meneruskan,” ujar Wali Kota Risma.

Wali kota yang juga menjabat sebagai Presiden United Cities Local Governments Asia-Pasific (UCLG – ASPAC) itu juga mengimbau kepada para pelajar agar selalu percaya diri, dan tidak menyianyiakan waktu yang telah diberikan Tuhan. Karena sukses dan berhasil itu hak semua orang dan berasal dari diri sendiri. Terlebih, ia juga berpesan agar para pelajar itu tidak malu dan merasa minder walaupun mereka berasal dari keluarga tidak mampu.

“Tuhan itu adil, kalian semua diberikan hak yang sama. Dari manapun orang tua kalian, kalian semua berhak untuk berhasil dan sukses. Tinggal kalian mau atau tidak untuk berusaha dan belajar dengan tekun,” pungkasnya. (*)

ShareTweetSendShareSend

Related Posts

Petugas dari Pemkot Surabaya melakukan pengecekan harga dan stok minyak goreng di minimarket.
Layanan Publik

Pemkot Surabaya Pantau Harga Minyak Goreng di Ritel

24 Januari 2022
Ketua TP PKK Kota Surabaya Rini Indriyani Eri Cahyadi saat menemui Ahmad Faruq Idhom Afi di kediamannya.
Layanan Publik

Pemkot Surabaya Gerak Cepat Bantu Mantan Atlet Timnas yang Sakit Kronis

19 Januari 2022
Tangkapan layar website lawancovid-19.surabaya.go.id
Inovasi

Lewat Website LawanCovid-19, Pemkot Surabaya Permudah Warga Pantau Jadwal Vaksin

18 Januari 2022
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi saat melaunching cafe pelayanan adminduk Swargaloka.
Balai Kota

Beri Solusi Permasalahan Warga, Wali Kota Eri Ingin Setiap Kecamatan Memiliki Ruang Konsultasi

7 Desember 2021
Balai Kota Surabaya.
Layanan Publik

Pusat Data Cyber 1 Terbakar, Layanan 112 Surabaya Dialihkan Sementara

2 Desember 2021
Aplikasi e-Commerce Peken Surabaya akan diresmikan untuk umum, Minggu 31 Oktober 2021, di Grand City Mal Surabaya saat acara Surabaya Fashion Week (SWF) 2021, Jumat (29/10/2021).
Balai Kota

Permudah Pemasaran Toko Kelontong dan UMKM, Pemkot Surabaya Akan Melaunching Aplikasi Peken

30 Oktober 2021

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan


Bangga Terkini

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi berkantor di Balai RW.

Setahun Kepemimpinan Eri Cahyadi-Armuji, Seabrek Pelayanan Publik Diintegrasikan dan Dimaksimalkan di Kelurahan

27 Februari 2022
Pemkot Surabaya bagikan insentif bulanan kepada 2236 hafidz dan hafidzah se-Surabaya, Jumat (25/2/2022).

Wali Kota Eri Cahyadi Beri Insensif 2236 Hafidz dan Hafidzah di Kota Surabaya

27 Februari 2022
Kader Surabaya aktif bakal direkrut menjadi Buser di setiap RT untuk menyelesaikan masalah sosial di Kota Pahlawan.

Wali Kota Eri Cahyadi Jadikan Kader ‘Buser Surabaya Hebat’

27 Februari 2022
Aplikasi e-Peken jadi solusi Toko Kelontong dan UMKM di Surabaya untuk memperluas jangkauan pasar.

Wali Kota Eri Cahyadi Minta Dinkopdag Seragamkan Harga Produk di Peken Surabaya

24 Februari 2022
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menjadi narasumber ‘Leader Talk Airlangga Forum’ di ruang kerjanya Lantai 2, Kantor Balai Kota Surabaya, (23/2/2022).

Capaian Kinerja Layanan Adminduk Kota Surabaya Lampaui Target Nasional

24 Februari 2022

Bangga Surabaya

Dikelola oleh Bidang, Informasi dan Komunikasi Publik serta Statistik | Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Surabaya


Link Terkait

  • Pemerintah Kota Surabaya
  • Command Center 112
  • Laporan Keuangan
  • Sparkling Surabaya

Data Pengunjung

597616
Users Today : 474
This Month : 13702
This Year : 13702
Views Today : 3988
Who's Online : 10
  • Tentang Kami
  • Tim Kami
  • Kontak
  • Kirim Tulisan

© 2021 Bangga Surabaya

No Result
View All Result
  • Home
  • Balai Kota
  • Layanan Publik
  • Inovasi
  • Wisata Kota
  • Etalase UMKM
  • Magazine
  • Visual
    • Foto
    • Video
    • Infografis
  • Indeks

© 2021 Bangga Surabaya

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
English EN Indonesian ID

Add New Playlist