Di usia muda terus bekerja keras tanpa mengeluh adalah kunci sukses agar dimasa tua bisa memetik hasil dari kerja keras kita tersebut. Pesan itu disampaikan Winston Utomo selaku founder sekaligus CEO IDN Media Surabaya.
Winston – sapaan akrabnya menceritakan ide awal terbentuknya IDN Media adalah hasil buah pemikirannya 4 tahun lalu saat masih bekerja di Google Singapore. Menurutnya, belum ada media khusus untuk generasi millenial dan generasi Z yang 4 tahun lalu kata “millenial” sama sekali belum populer.
Dari ide sederhana itu, lanjut Winston, terbentuklah IDN Media yang mana platformnya khusus untuk generasi milenial dan generasi Z. “Sesuai dengan visi IDN Media yaitu “to be the voice of millenials agency,” terangnya saat ditemui tim Bangga Surabaya beberapa waktu lalu.
Disampaikan Winston, IDN Media memiliki 7 produk beragam yakni IDN Times, popbela, popmama, yummy dan 3 agensi (idn event, idn creative dan idn creator network). Konten-konten tersebut, lanjutnya, memiliki banyak manfaat bagi banyak kalangan. “Lebih memberi inspirasi bagi banyak orang melalui konten-konten tersebut,” ujarnya.
Dijelaskan Winston, IDN Times berisi News dan Entertainment yang merupakan portal untuk anak muda dan memiliki pengunjung sekitar 36 juta perbulan. IDN Times bermanfaat bagi generasi saat ini karena, berita yang disajikan sangat menarik dan mudah dibaca.

Lebih lanjut, Popbela berisi fashion, beauty, pop culture dan lifestyle yang kontennya bermanfaat bagi wanita muda di Indonesia. Popbela memiliki sekitar 6 juta pengunjung setiap bulannya.
Sedangkan Popmama, berisi informasi seputar parenting untuk millennial mama di Indonesia. Portal ini bermanfaat bagi mama muda yang ingin membesarkan anaknya dengan baik agar tumbuh sehat dan berguna bagi bangsanya.
“Selain itu ada Yummy berisi konten tentang cara memasak makanan sehingga bermaanfaat bagi generasi millennial yang ingin belajar memasak,” urai pria kelahiran November 1990 tersebut.
Kesuksesan yang diperoleh Winston, tidak lepas dari dukungan keluarga terutama orang tuanya yang selalu memberikan support, dukungan dan nasehat bagi dirinya bersama William (adiknya) yang juga mengelola IDN Media di Jakarta.

Ke depan, Winston berharap IDN Media menjadi platform yang semakin terpercaya, sehingga dapat memotivasi generasi milenial untuk semakin berkarya melalui tulisannya. Lebih jauh, Winston bermimpi agar Kota Surabaya memiliki pack startup. Hal itu yang menjadi alasan Winston untuk tetap tinggal di Surabaya. Hal ini dibuktikan dengan hadirnya talent mumpuni dan kreatif di timnya sekarang. IDN Media memiliki kurang lebih 200 karyawan yang bertempat di Jakarta dan Surabaya.
“Secara talent wise, orang Surabaya ini pinter-pinter tapi kasihannya opportunity lapangan pekerjaan di dunia startup itu masih kurang,” ungkap pria 28 tahun ini. (Indri / Foto: Thalita Dea).